Berdamai dengan Keraguan

/ 29 Juli 2013 /


peaceful-morning.jpg
source
Ada satu hal yang berkelindan di pikiran saya pagi ini, panjang, memutar-mutar, dan mengakar. Ia hasil kontemplasi saya atas pilihan hidup yang sudah saya putuskan, dan akan saya ambil. Tapi kali ini bukan  lahir dari kegalauan, lahirnya tidak ditandai badai, melainkan udara lembut dan senyum manis. Hangat. Hampir kudus, malah.

Pagi ini keraguan saya mendadak hilang. Senyap. Tak ada suara-suara ganjil yang menusuk di hati saat saya memikirkan jalan-jalan itu, yang gerbangnya akan saya masuki, sebentar lagi.  Tidak ada. Yang ada hanya keheningan yang menyenangkan. Membebaskan.

Kenapa tiba-tiba keraguan saya memutuskan angkat kaki pagi tadi? Bukannya saya tidak mencoba sebelumnya untuk meredakan keraguan itu. Saya sudah memberikan argumentasi terbaik tempo hari disini. Tapi ternyata saat itu, argumentasi tidaklah cukup.  Kenapa sekarang?


Lalu saya berdialog dengan hati. 

Mungkin, Kesadaran tak memberi kita cukup ruang untuk mengurai keraguan atas pilihan yang akan kita ambil. Mungkin kesadaran hanya memungkinkan kita memikirkan konsekuensi atas sebuah pilihan, bukan meredakan keraguan. Mungkin, selama ini, Kesadaran hanya mampu menenggelamkan keraguan ke sungai hitam di otak kita.

Tapi keraguan yang tenggelam itu tidak mati. It’s very much alive. Dia hanya didorong ke sudut gelap, diberi makanan dengan setengah hati, dan disodok-sodok saat berani menyembul ke permukaan.  (Saat naik ke permukaan, kita lalu merasa terdzolimi, sakit hati, bingung, galau)

Tapi kita tidak bertanya kenapa dia tidak mati. Kita cukup puas dengan memaki-maki. Lalu seperti seluruh hal buruk yang terjadi pada diri kita, anggap saja ‘dosa’ itu tak pernah terjadi, dan segera nurani kita merasa lebih baik.

Hmm…

Tapi mungkin, menghilangkan keraguan itu memang bukan wilayah Kesadaran kita. Mungkin memang Kesadaran tidak punya cukup wewenang untuk menenangkan atau menghilangkan keraguan yang ada. Mungkin tugas Kesadaran memang menyodok Keraguan ke sudut-sudut otak. Mungkin memang keraguan itu seperti dosa yang sering kita lupakan dan kemudian (maunya) benar-benar hilang sering berjalannya waktu.

Mungkin.

Mungkinkah Keyakinan itu adalah bebannya Jiwa, dan bukan Kesadaran?

Mungkin kita seharusnya menunda pertikaian Kesadaran atas pilihan-pilihan yang tersedia. Biarkan saja proses memilih itu menjadi sedemikian rupa galau dan panjangnya, sedemikian resah dan gelisahnya, hingga sampai di satu titik saat Jiwa akhirnya mampu memilih sendiri jalannya, lalu kita pun yakin. Terpuaskan.

Mungkin…

Saya berhenti disitu. Rasanya tidak perlu lagi saya berusaha memaknai apa yang saya alami. Jiwa saya sudah mengambil pilihan.

Dan saat jiwa akhirnya memilih, seluruh resah terasa tak berarti lagi.
Ragu dihapus. Habis. Punah. Alhamdulillah.

@dinarkarani


0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

blogger widget

Temanku

Popular Posts

Blog Hits

 
Copyright © 2010 Dinar Karani, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger